loading...

Saturday 11 March 2017

Laporan Praktikum Perancangan Basis data 3

Form
A.    Tujuan
1.      Mampu mendesain form.
2.      Mampu memodifikasi desain form.

B.     Teori Dasar
Form adalah window untuk menampilkan record dalam bentuk lain dengan tampilan yang lebih menarik. Form hanya menampilkan record pada satu tampilan, namun tampilannya bisa dibuat lebih menarik degan tata letak yang bagus.

C.    Langkah Kerja
1.      Aktifkan database Anda
2.      Pilih tabel Mahasiswa
3.      Pilih tab Create àMore Form àForm Wizard

4.      Klik tombol >> agar seluruh field pindah ke bagian Selected Field.

5.      Klik Next.
6.      Klik salah satu jenis form yang diinginkan, misalnya Columnar.

7.      Klik Next
8.      Muncul Form Wizard Style, cobalah klik beberapa pilihan style yang ada pada kotak sebelah kanan, dan perhatikan hasilnya pada bidang sebelah kiri. Lalu tentukan pilihan Anda untuk form yang akan dibuat.

9.      Klik Next
10.  Pada jendela Form Wizard yang terakhir, isikan nama form, untuk proses menyimpan (save).
11.  Klik finish untuk mengakhiri.



12.  Hasilnya akan tampil seperti ini:


Mengedit Form
1.      Aktifkan database Akademik
2.      Pilih object forms

3.      Double klik pada form yang diinginkan, misalnta Mahasiswa, klik View à Design View


4.      Maka akan tampil :

5.      Tulisan “Mahasiswa1”, adalah sebuah Property Label pada design form yang memungkinkan kita untuk menuliskan tulisan pada form.
6.      Klik pada tulisan Mahasiswa1, ganti nama sesuai keinginan

7.      Geser kotak Property Labelnya agar tulisan dapat dibuat dalam 1 baris.

    
8.      Untuk melihat hasil pembuatan form, klik View >> Form View.
 
9.      Maka akan tampil:

10.  Kembali ke Design View, pilih Button, kemudian drag pada Form Footer.
11.  Akan muncul jendela command button wizard. Pilih Record Operation pada kotak Categories, dan Add New Record pada kotak Actions.


12.  Klik Next.
13.  Lakukan seperti yang terlihat pada gambar berikut, kemudian klik Next.

14.  Simpan button pertama (&Tambah) dengan nama cmdTambah, kemudian klik finish.

15.  Maka tombol &Tambah akan muncul pada Form Footer.



16.  Ulangi langkah 10-15 dengan ketentuan:
Untuk button hapus, pilih Record Operation pada kotak Categories, dan Delete Record pada kotak Actions. Textnya &Hapus dengan nama cmdHapus. Untuk button simpan, pilih Record Operation pada kotak Categories, dan Save Record pada kotak Actions. Textnya &Simpan dengan nama cmdSimpan. Untuk button keluar, pilih Form Operations  pada kotak Categories, dan Close Form pada kotak Actions. Textnya &Keluar dengan nama cmdKeluar.
Sehingga tampil seperti berikut:

17.  Klik View >> Design View, sehingga tampil:

18.  Simpan Form Tabel Mahasiswa 1 dengan cara klik Save.
19.  Isikan record tabel tersebut 10 record lagi melalui form Tabel Mahasiswa 1, kemudian lihat hasilnya, apakah muncul record yang dituliskan melalui form Tabel Mahasiswa 1 atau tidak, jika record baru tampil pada Tabel Mahasiswa, maka Anda telah berhasil membuat form untuk Tabel Mahasiswa.



 
D.    Evaluasi
1.      Lengkapi database Akademik Anda dengan Form seperti di atas.
a.       Dosen

b.      Jadwal



c.       Matakuliah




d.      Nilai



E.     Kesimpulan

Untuk button tambah, pilih Record Operation pada kotak Categoris, dan Add New Record pada kotak Action. Untuk button hapus, pilih Record Operation pada kotak Categories, dan Delete Record pada kotak Actions. Textnya &Hapus dengan nama cmdHapus. Untuk button simpan, pilih Record Operation pada kotak Categories, dan Save Record pada kotak Actions. Textnya &Simpan dengan nama cmdSimpan. Untuk button keluar, pilih Form Operations  pada kotak Categories, dan Close Form pada kotak Actions. Textnya &Keluar dengan nama cmdKeluar.

No comments: