Query
A. Tujuan
1.
Mampu mengenal dan memahami Microsoft
Access
2.
Mampu memahami pengertian Key
3.
Mampu menetapkan relationship
4.
Mampu membuat query
B.
Teori
Singkat
Secara bahasa Query berarti permintaan, dalam konteknya
pada Ms. Access query adalah permintaan atas data yang ada pada database sesuai
dengan informasi yang diinginkan. Ada tiga manfaat utama query:
1.
Dapat menampilkan data-data tertentu
pada suatu tabel. Misalnya pada tabel mahasiswa, (contoh tabel-tabel yang
dipakai pada jobsheet ini adalah tabel-tabel database Akademik yang dibuat pada
praktikum sebelumnya), Anda hanya ingin menampilkan data mahasiswa yang lahir
di kota padang saja.
2.
Dapat menampilkan data dari dua tabel
atau lebih dengan syarat antar tabel tersebut ada relasi. Misalnya, pada tabel
jadwal anda dapat melihat siapa nama dosen dan nama matakuliah pada suatu
jadwal kuliah. Dimana nama dosen terdapat pada tabel dosen dan nama matakuliah
terdapat di tabel matakuliah. Hal ini dimungkinkan, karena tabel jadwal, dosen
dan matakuliah saling berhubungan (relasi).
3.
Dapat melakukan proses
perhitungan/fungsi-fungsi matematis.
Sumber data dari sebuah
query dapat berupa data dari tabel atau dari query lain yang telah dibuat
sebelumnya. Query sebenarnya hanya menampilkan data saja, jika data di dalam
sebuah tabel berubah maka data akan berubah juga.
C.
Langkah
Kerja
Kasus
1
Misalnya anda akan membuat query untuk
menampilkan data mahasiswa meliputi NIM, Nama Mahasiswa, dan alamat mahasiswa
saja. Maka pada jendela Simple Query Wizard, pindahkan nama field yang ingin
ditampilkan pada bagian Selected Field, yaitu NIM, Nama Mahasiswa, dan Alamat.
Klik next, maka akan tampil data
mahasiswa dengan 3 fields, yaitu NIM, Nama, dan Alamat.
Kasus
2
Misalnya anda akan menampilkan data
jadwal kuliah (tabel jadwal), yang dilengkapi dengan nama dosen (tabel dosen)
dan nama matakuliah (tabel matakuliah). Untuk melakukan hal ini anda akan
menggunakan tiga buah tabel yaitu tabel jadwal, dosen, dan matakuliah.
Untuk menyelesaikan kasus di atas,
lakukan langkah berikut:
a.
Klik tab create
b.
Pilih Query Design
c.
Maka akan tampil jendela Show Table.
Pada jendela tersebut, anda harus menentukan tabel apa saja yang digunakan
dalam query yang dibuat. Pilih tabel Dosen, lalu klik Add. Lakukanlah hal yang sama untuk tabel jadwal dan Matakuliah.
d.
Setelah menambahkan tabel Dosen, Jadwal
dan Matakuliah, klik tombol Close,
maka akan muncul tampilan jendela Select
Query sebagai berikut:
Gambar
di atas terdiri dari 2 bagian. Bagian
paling atas adalah tabel-tabel yang digunakan untuk membuat query tabel
tersebut telah mempunyai relasi. Bagian paling bawah adalah tempat anda
mengatur query yang diinginkan.
Field, digunakan untuk memasukkan field apa saja
yang akan ditampilkan.
Table, untuk menentukan nama tabel dari
field-field yang digunakan
Sort, digunakan untuk jenis pengurutan data,
urut naik atau urut turun
Criteria dan Or, digunakan
untuk memasukkan kriteria yang digunakan.
Untuk
memasukkan data ke dalam tab field
dan table, dapat dilakukan dengan
cara:
a. Klik
ganda pada field yang terdapat pada tabel di bagian atas
b. Klik
dan geser, klik nama field yang ingin dimasukkan, lalu geser ke kolom yang
diinginkan
c. Memilih
langsung dari tab field dan tabel.
Aturlah
tampilan yang diinginkan seperti gambar berikut:
d. Simpan
query yang dibuat dengan meng-klik icon save,
dengan nama Jadwal Kuliah (urut nama dosen).
e. Maka
pada bagian sebelah kiri aplikasi Ms. Access ini akan tampil tab Queries yang
salah satunya memuat query yang baru saja
dibuat.
f. Double
klik pada nama query “Jadwal Kuliah (urut nama dosen)”, maka akan tampil:
Kasus 3
Dari
query yang telah anda buat yaitu Jadwal
Kuliah (urut nama dosen), lakukanlah modifikasi terhadap query tersebut
dengan memberikan kriteria sehingga data yang akan ditampilkan adalah data
dosen yang mengajar pada hari Senin.
Sebelum
menyelesaikan kasus tersebut, perlu diketahui dulu tentang kriteria yang dapat
diberikan dalam membuat sebuah query:
Langkah-langkah:
b. Klik
design view
c. Maka
akan muncul gambar berikut:
Pada field “Hari” ketikkan “Senin”.
d. Selanjutnya
klik icon save untuk menyimpan
perubahan terhadap query tersebut.
e. Lihatlah
perubaan data yang ditampilkan pada query Jadwal Kuliah (urut nama dosen).
Menyertakan Parameter
Expression Builder pada Query
Expression
Builder digunakan untuk menentukan pilihan field secara lebih efisien dengan
kriteria tertentu. caranya:
a. Tampilkan
query dalam mode Design View,
kemudian pada cell Criteria, klik
kanan mouse, lalu klik pilihan Build.
b. Masukkan
ekspresi pada Expression Builder, yaitu dengan memilih tabel, double klik Queri Tabel Mahasiswa, tentukan field yang akan dijadikan kriteria,
misalnya NIM.
c. Klik
OK
d. Kemudian
klik menu Query, lalu pilih Parameter.
e. Pada
jendela Query Parameters, dalam kolom parameter isikan nama field yang dipilih
menjadi kriterian di atas, misalnya [NIM].
f. Jalankan
query dengan mengklik Run pada tab
Query, maka akan tampil:
g. Ketikkan
NIM yang diinginkan, maka akan tampil:
D.
Evaluasi
dan Penugasan
1.
Tampilkan data jadwal kuliah untuk nama
dosen Sri Nofri Wihandari,
field yang ditampilkan: Nama Dosen, Nama Matakuliah, Hari, Jam.
2.
Tampilkan jadwal kuliah diurut
berdasarkan hari, jam dan local
3.
Tampilkan data nilai mahasiswa yang diurutkan
menurut nilai terbaik
4.
Dengan menggunakan Parameter Expression Builder, tampilkan data matakuliah yang ada
pada semester 1.
5.
Dengan menggunakan Parameter Expression Builder, tampilkan data dosen dengan
spesialisasi Perancangan Basis Data!
E.
Kesimpulan
Secara
bahasa Query berarti permintaan, dalam konteknya pada Ms. Access query adalah
permintaan atas data yang ada pada database sesuai dengan informasi yang
diinginkan.Jadi, query memudahkan kita untuk mencari data yang kita inginkan
dengan cara mengetikan data yang kita inginkan maka akan tampil data-data
tersebut.
No comments:
Post a Comment