loading...

Wednesday, 15 February 2017

Laporan Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek 1


A.    Tujuan
1.      Dengan mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep OOP.
2.      Dengan mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menggunakan dan memahami pembuatan program sederhana menggunakan IDE Netbeans.

B.     Alat dan Bahan
1.      Personal Computer
2.      Aplikasi Netbeans

C.    TeoriSingkat
Tahun 1960, ditemukan suatu pembuatan program yang terstruktur (structured programming). Metode ini dikembangkan dari bahasa C dan Pascal.
Dengan program yang terstruktur inilah untuk pertama kalinya kita mampu menulis program yang begitu sulit dengan lebih mudah.

Definisi OOP
Object Oriented Programming (OOP) adalah suatu metode dalam pembuatan program, dengan tujuan untuk menyelesaikan kompleksnya berbagai masalah program yang terus meningkat.
Sebagai contoh anggap kita memiliki sebuah departemen yang memiliki manager, sekretaris, petugas administrasi data dan lainnya. Misal manager tersebut ingin memperoleh data dari bagian administrasi untuk mengambilnya. Pada kasus tersebut seorang manager tidakharusmengetahuibagaimanacaramengambil data tersebuttetapi manager bisamendapatkan data tersebutmelaluiobjekpetugasadministrasi.

ObjekdanKelas
Ide dasar pada OOP adalah mengkombinasikan data dan fungsi untuk mengakses data menjadi sebuah kesatuan unit yang dikenal dengan nama objek.

Kelas adalah kumpulan dari beberapa objek yang sama.























ContohObjek :

Departemen penjualan                         Objek 1

Dalam java, kelas didefinisikan menggunakan kata kunci class.Contoh kelas sederhana adalah sebagai berikut :
classManusia {
      String nama;
}
Pada kode diatas, kelas yang telahdibuat adalah kelas Manusia.Dan dimana merupakan atribut yang memiliki kelas Manusia tersebut.Contoh pembuatan objek untuk kelas manusia adalah sebagai berikut :
// membuatobjekmanusia
Manusiamanusia = new manusia ();
// Mengubahnamaobjekmanusia
Manusia.nama = “ MelinaKrisnawati “;

Metode( Method )
Dalam java terdapat dua buah metode
1.      Fungsi merupakan metode yang memiliki nilai balik jika metode tersebut dipanggil, cara pembuatan sebuah fungsi adalah dengan cara menentukan nilai baliknya, lalu membuat nama metodenya.
2.      Prosedur, merupakan metode yang tidak memiliki nilai balik, cara pembuatan prosedur sama dengan fungsi namun bedanya, nilai baliknya menggunakan kata kunci void.
Contoh :
classManusia {
      String nama;
      // fungsi
      String ambilNama() {
            // untukmengembalikannilaigunakan kata kunci return
            returnnama;
      }
      // prosedur
      voidhapusNama() {
            Nama = “”;
      }
}
Pada kode diatas, kelas manusia memiliki 2 buah metode yaitu ambil Nama() dan hapus Nama(). Dimana ambil Nama () merupakan sebuah fungsi karena mengembalikan nilai String, sedangkan hapus Nama () merupakan prosedur karena tidak mengembalikan nilai. Saat membuat sebuah fungsi maka untuk mengembalikan nilainya, harus menggunakan kata kunci return, diikuti nilai yang akan dikembalikannya. Untuk megambil nilai balik dari fungsi dapat dilihat pada contoh berikut :
Manusiamanusia = newManusia() ;
manusia.nama = “ MelinaKrisnawati “;
// mengambilnilaidarifungsi
String nama = manusia.ambilNama();
Parameter
Parameter merupakan data yang dapat ditambahkan dariluar metode, missal jika kita membuat sebuah metode untuk mengubah nama pada kelas Manusia, maka pasti kita memerlukan nama baru untuk menggantikan nama lama, oleh karena itu diperlukan sebuah parameter nama baru untuk menggantikan nama tersebut.
Contoh :
classManusia {
      String nama;
      //metodedengan parameter
      Void ubahNama (String namaBaru) {
            Nama = namaBaru;
}
      String ambilNama() {
            returnnama;
      Void hapusNama() {
            nama = “”;
      }
}





Kata kunci This
Kata kunci this digunakan dalam sebuah kelas dan digunakan untuk menyatakan objek sekarang.Contoh missal saat kita membuat sebuah parameter yang sama dengan nama atribut yang ada dalam sebuah kelas, maka jika kita menggunakan parameter tersebut untuk mengubah atribut pada kelas, maka perubahan tidak akan terjadi.
classManusia {
      String nama;
      String alamat;
      voidubahData(String nama, String alamat);
            this.nama = nama;
            this.alamat = alamat;
}
      voidubahNama(String nama) {
            This.nama = nama;
      }
}
Saat program sebelumnya dijalankan kembali, maka hasilnya tidak akan null lagi.

Visibilitas Private dan Public
Visibilitas        : Keterangan
Private             : Hanyadapatdiaksesolehkelasitusendiri
Public              : Dapatdiaksesolehseluruhkelas
Protected         : Hanyadapatdiaksesolehkelasitusendiridankelasturunannya.
TanpaVisibilitas :Hanyadapatdiaksesolehkelas – kelas yang beradapadasatupaket.
TanpaSpesifikasi :Jikakonstruktordideklarasikantanpaspesifikasiapakah public, private atau protected, kelastersebuthanyaakandapatdiinstansiasimenjadiobjekolehkelasdalam package yang sama.

Konstruktor( Constructor )
Konstruktor merupakan metode yang secara otomatis dipanggil ketika sebuah objek dipanggil.Konstruktor digunakan untuk melakuk aninstansiasi objek yang menggunakan kelas yang bersangkutan.Melakukan instansiasi adalah mengalokasikan sejumlah memori dari computer sesuatu kebutuhan struktur data yang digunakan.Keberadaan konstruktor dalam sebuah kelas java bersifat opsional, karena kelas abstrak misalnya tidak membutuhkan konstruktor karena tidak bisa diinstansiasi menjadi sebuah objek.Bahkan jika dideklarasikan sebagai kelas abstract. Nama konstruktor haruslah sama dengan nama kelasnya. Contoh :
public  classSepeda {
      private String merk;
      privateintgigi;

      publicSepeda() {
      this.gigi = 0;
      this.merk = “Federal”;
      }
      publicSepeda (int g, String m) {
      this.gigi = g;
      this.merk = m;
      }
      publicintposisi_gigi() {
      returnthis.gigi;
      }
      public String merk_sepeda() {
      returnthis.merk;
      }
}
Tampakadaduakonstruktordarikelassepedatersebut, yakni;
publicSepeda() {
      this.gigi = 0;
      this.merk = “Federal”;
      }
publicSepeda(int g, String m) {
      this.gigi = g;
      this.merk = m;
      }
Jadi konstruktor dari sebuah kelas boleh lebih dari satu.Fitur ini dikenal dengan sebutan constructor overloading, yakni dimungkinkannya lebih dari satu konstruktor dalam sebuah kelas java, bedanya hanya pada parameter – parameter konstuktornya saja.Melalui dua konstruktor tersebut, dengan enak kita dapat memilih cara manakah yang lebihcocok untuk dipakai instansiasi objek sepeda.
// cara 1 instansiasi object Sepeda
Sepeda sepeda1 = new Sepeda();
//cara2 instansiasi object Sepeda
Sepeda sepeda2 = new Sepeda(2,”Vixie”);



Keyword Bahasa Pemrograman Java
Pada bab pengenalan java ini kita akan membahas mengenai dasar-dasar bahasa java. Kalaukita belajar bahasa Indonesia pasti yang pertama kita bahas adalah kosa-kata danpembentukan kalimat seperti SPOK. Bahasa pemrograman Java tidak serumit bahasa indonesiayang mempunyai jutaan kosa kata, Java hanya mempunyai 44 buah kosa kata (Keyword).Semua Keywords ini adalah kepunyaanya bahasa Java, kita harus menggunakanya denganbenar dan tidak boleh digunakan untuk tujuan lain, misalnya sebagai nama variabel atau namaclass.
Berikut ini adalah daftar 44 buah Keyword java :


D.    LangkahKerja
1.      Mengaktifkan IDE Netbeans
Pilih pada menu Start>All Programs>NetBeans>NetBeans IDE 7.1 (disini saya menggunakan netbeans7.1) atau double klik pada shortcut NetBeans di dekstop, sehingga akan tampil seperti gambar dibawah ini :


2.      Cara membuat project baru :
a.       Setelah NetBeans IDE dijalan kan seperti diatas, klik menu File>New Project pada menu bar. maka akan tampil menu dialog seperti gambar berikut

b.       Pilih Java Application, kemudianklik Next, makaakantampilsepertigambarberikut:



c.        Isi project name dengan nama project “Jobsheet 1”
d.      Kemudianklik Browse untukmenentukanlokasipenyimpanan project, centang “Create Main Class” dan  “Set as Main Project”
e.       Klik Finish.
f.      Maka akan tampil tampilan seperti berikut:


g.       Ubahlah listing program di atas menjadi seperti gambar di bawah ini:





h.       Jalankan program dengan meng-klik menu “Run” à ”Run main project”, sehingga akan tampil tulisan “Hello World di Output Console.





3.      Mengenal Class dan Object
Buat file baru di dalam project “Jobsheet1”, dengan cara klik kanan pada Package jobsheet.pkg 1 à New File à java class.


     Maka akan tampil tampilan seperti berikut:






Berikan nama file atau Class Namenya sebagai “Tugas”, klik “Finish”.
Selanjutnya sesuaikan listing program pada file “Tugas” menjadi seperti gambar berikut ini:
Berikan nama file atau Class Namenya sebagai “Tugas”, klik “Finish”.
Selanjutnya sesuaikan listing program pada file “Tugas” menjadi seperti gambar berikut ini:








                    Buatlah Class baru dengan cara yang sama dengan nama “Operasi”.
                    Sesuaikan listing program di Class Operasi sesuai gambar berikut:






                             Selanjutnya jalankan Class Tugas, sehingga hasilnya sebagai berikut:







No comments: