A. Tujuan
1.
Dengan mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep OOP.
2.
Dengan mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menggunakan dan memahami pembuatan program sederhana menggunakan IDE Netbeans.
B. Alat dan Bahan
1.
Personal
Computer
2.
Aplikasi Netbeans
C. TeoriSingkat
Tahun 1960, ditemukan suatu pembuatan
program yang terstruktur (structured programming). Metode ini dikembangkan dari
bahasa C dan Pascal.
Dengan program yang terstruktur inilah
untuk pertama kalinya kita mampu menulis program yang begitu sulit dengan lebih
mudah.
Definisi OOP
Object Oriented Programming (OOP)
adalah suatu metode dalam pembuatan program, dengan tujuan untuk menyelesaikan kompleksnya
berbagai masalah program yang terus meningkat.
Sebagai contoh anggap kita memiliki
sebuah departemen yang memiliki manager, sekretaris, petugas administrasi data
dan lainnya. Misal manager tersebut ingin memperoleh data dari bagian administrasi
untuk mengambilnya. Pada kasus tersebut seorang manager
tidakharusmengetahuibagaimanacaramengambil data tersebuttetapi manager
bisamendapatkan data tersebutmelaluiobjekpetugasadministrasi.
ObjekdanKelas
Ide dasar pada OOP
adalah mengkombinasikan data dan fungsi untuk mengakses data menjadi sebuah kesatuan
unit yang dikenal dengan nama objek.
Kelas adalah kumpulan dari beberapa objek yang sama.
ContohObjek :
Departemen penjualan Objek
1
Dalam java, kelas didefinisikan menggunakan kata kunci
class.Contoh kelas sederhana adalah sebagai berikut :
classManusia {
String nama;
}
Pada kode diatas, kelas yang telahdibuat adalah kelas Manusia.Dan
dimana merupakan atribut yang
memiliki kelas Manusia tersebut.Contoh pembuatan objek untuk kelas manusia adalah sebagai berikut
:
// membuatobjekmanusia
Manusiamanusia = new manusia ();
// Mengubahnamaobjekmanusia
Manusia.nama = “ MelinaKrisnawati “;
Metode(
Method )
Dalam java terdapat dua buah metode
1. Fungsi merupakan metode yang
memiliki nilai balik jika metode tersebut dipanggil,
cara pembuatan sebuah fungsi adalah dengan cara menentukan nilai baliknya,
lalu membuat nama metodenya.
2. Prosedur, merupakan metode yang tidak memiliki nilai balik,
cara pembuatan prosedur sama dengan fungsi namun bedanya, nilai baliknya menggunakan
kata kunci void.
Contoh :
classManusia
{
String nama;
// fungsi
String ambilNama() {
// untukmengembalikannilaigunakan
kata kunci return
returnnama;
}
// prosedur
voidhapusNama() {
Nama = “”;
}
}
Pada kode diatas, kelas manusia memiliki 2 buah metode yaitu ambil Nama()
dan hapus Nama(). Dimana ambil Nama () merupakan sebuah fungsi karena mengembalikan nilai
String, sedangkan hapus Nama () merupakan prosedur karena tidak mengembalikan nilai.
Saat membuat sebuah fungsi maka untuk mengembalikan nilainya, harus menggunakan kata
kunci return, diikuti nilai yang akan dikembalikannya.
Untuk megambil nilai balik dari fungsi dapat dilihat pada contoh berikut :
Manusiamanusia
= newManusia() ;
manusia.nama
= “ MelinaKrisnawati “;
//
mengambilnilaidarifungsi
String
nama = manusia.ambilNama();
Parameter
Parameter merupakan data yang dapat ditambahkan dariluar metode,
missal jika kita membuat sebuah metode untuk mengubah nama pada kelas Manusia,
maka pasti kita memerlukan nama baru untuk menggantikan nama lama, oleh karena itu diperlukan sebuah
parameter nama baru untuk menggantikan nama tersebut.
Contoh :
classManusia
{
String nama;
//metodedengan parameter
Void ubahNama (String namaBaru) {
Nama = namaBaru;
}
String ambilNama() {
returnnama;
Void hapusNama() {
nama
= “”;
}
}
Kata kunci This
Kata kunci this
digunakan dalam sebuah kelas dan digunakan untuk menyatakan objek sekarang.Contoh missal
saat kita membuat sebuah parameter yang sama dengan nama atribut yang
ada dalam sebuah kelas, maka jika kita menggunakan parameter tersebut untuk mengubah atribut pada kelas,
maka perubahan tidak akan terjadi.
classManusia {
String nama;
String alamat;
voidubahData(String
nama, String alamat);
this.nama =
nama;
this.alamat =
alamat;
}
voidubahNama(String
nama) {
This.nama =
nama;
}
}
Saat program sebelumnya dijalankan kembali, maka hasilnya tidak akan
null lagi.
Visibilitas Private dan Public
Visibilitas : Keterangan
Private :
Hanyadapatdiaksesolehkelasitusendiri
Public : Dapatdiaksesolehseluruhkelas
Protected : Hanyadapatdiaksesolehkelasitusendiridankelasturunannya.
TanpaVisibilitas
:Hanyadapatdiaksesolehkelas – kelas yang beradapadasatupaket.
TanpaSpesifikasi
:Jikakonstruktordideklarasikantanpaspesifikasiapakah public, private atau
protected, kelastersebuthanyaakandapatdiinstansiasimenjadiobjekolehkelasdalam
package yang sama.
Konstruktor( Constructor )
Konstruktor merupakan metode yang
secara otomatis dipanggil ketika sebuah objek dipanggil.Konstruktor digunakan untuk melakuk aninstansiasi objek
yang menggunakan kelas yang
bersangkutan.Melakukan instansiasi adalah mengalokasikan sejumlah memori dari computer
sesuatu kebutuhan struktur data yang
digunakan.Keberadaan konstruktor dalam sebuah kelas java bersifat opsional,
karena kelas abstrak misalnya tidak membutuhkan konstruktor karena tidak bisa diinstansiasi menjadi sebuah objek.Bahkan jika dideklarasikan sebagai kelas
abstract. Nama konstruktor haruslah sama dengan nama kelasnya. Contoh :
public classSepeda {
private String merk;
privateintgigi;
publicSepeda() {
this.gigi = 0;
this.merk =
“Federal”;
}
publicSepeda (int g,
String m) {
this.gigi = g;
this.merk = m;
}
publicintposisi_gigi()
{
returnthis.gigi;
}
public String
merk_sepeda() {
returnthis.merk;
}
}
Tampakadaduakonstruktordarikelassepedatersebut, yakni;
publicSepeda() {
this.gigi = 0;
this.merk =
“Federal”;
}
publicSepeda(int g, String m) {
this.merk = m;
}
Jadi konstruktor dari sebuah kelas boleh lebih dari satu.Fitur ini dikenal dengan sebutan
constructor overloading, yakni dimungkinkannya lebih dari satu konstruktor dalam sebuah kelas
java, bedanya hanya pada parameter – parameter
konstuktornya saja.Melalui dua konstruktor tersebut,
dengan enak kita dapat memilih cara manakah yang
lebihcocok untuk dipakai instansiasi objek sepeda.
// cara 1 instansiasi object Sepeda
Sepeda sepeda1 = new Sepeda();
//cara2 instansiasi object Sepeda
Sepeda sepeda2 = new Sepeda(2,”Vixie”);
Keyword Bahasa
Pemrograman Java
Pada bab pengenalan
java ini kita akan membahas mengenai dasar-dasar bahasa java. Kalaukita belajar
bahasa Indonesia pasti yang pertama kita bahas adalah kosa-kata danpembentukan
kalimat seperti SPOK. Bahasa pemrograman Java tidak serumit bahasa
indonesiayang mempunyai jutaan kosa kata, Java hanya mempunyai 44 buah kosa
kata (Keyword).Semua Keywords ini adalah kepunyaanya bahasa Java, kita harus
menggunakanya denganbenar dan tidak boleh digunakan untuk tujuan lain, misalnya
sebagai nama variabel atau namaclass.
Berikut ini adalah
daftar 44 buah Keyword java :
D. LangkahKerja
1.
Mengaktifkan IDE Netbeans
Pilih pada menu Start>All Programs>NetBeans>NetBeans IDE 7.1 (disini saya menggunakan netbeans7.1) atau double klik pada shortcut
NetBeans di dekstop, sehingga akan tampil seperti gambar dibawah ini :
2.
Cara membuat project baru :
a. Setelah
NetBeans IDE dijalan kan seperti diatas, klik menu File>New Project pada
menu bar. maka akan tampil menu dialog seperti gambar berikut
b. Pilih Java Application, kemudianklik Next,
makaakantampilsepertigambarberikut:
c.
Isi project name
dengan nama project “Jobsheet 1”
d.
Kemudianklik Browse untukmenentukanlokasipenyimpanan
project, centang “Create Main Class” dan “Set
as Main Project”
e.
Klik Finish.
f.
Maka akan
tampil tampilan seperti berikut:
g.
Ubahlah
listing program di atas menjadi seperti gambar di bawah ini:
h.
Jalankan
program dengan meng-klik menu “Run” à ”Run main project”, sehingga akan tampil
tulisan “Hello World di Output Console.
3. Mengenal Class dan Object
Buat file baru di
dalam project “Jobsheet1”, dengan cara klik kanan pada Package jobsheet.pkg 1 à New File à java class.
Maka akan tampil
tampilan seperti berikut:
Berikan nama file atau
Class Namenya sebagai “Tugas”, klik “Finish”.
Selanjutnya sesuaikan
listing program pada file “Tugas” menjadi seperti gambar berikut ini:
Berikan nama file atau
Class Namenya sebagai “Tugas”, klik “Finish”.
Selanjutnya sesuaikan
listing program pada file “Tugas” menjadi seperti gambar berikut ini:
Buatlah Class baru
dengan cara yang sama dengan nama “Operasi”.
Sesuaikan listing
program di Class Operasi sesuai gambar berikut:
Selanjutnya jalankan
Class Tugas, sehingga hasilnya sebagai berikut:
No comments:
Post a Comment