loading...

Monday 3 April 2017

Laporan PBD 6

SwitchBoard
A.   Tujuan Praktikum
1.     Mampu membuat Switchboard.
2.     Mampu memberikan tampilan yang userfriendly dengan switchboard.

B.   Alat dan Bahan Praktikum
1.     Personal Computer.
2.     Aplikasi Microsoft Access.

C.   Teori Singkat
Switchboard  Manager  adalah  suatu  panel  yang  berisi  berbagai  tombol  tekan untuk mengakses  semua  pekerjaan tersebut.  Sebelumnya  Anda  harus membuat  dulu sampai  selesai  seluruh  tabel,  query,  form  dan  report  untuk diperlukan  oleh  aplikasi database Anda.

D.   Langkah Kerja
Switchboard berbentuk form yang di dalamnya terdiri dari beberapa kontrol.
Misalnya membuat Menu Utama yang terdiri dari beberapa menu dan sub menu.

Menu
Sub Menu
Keterangan
Data Dosen
Tambah Dosen
Menampilkan form Dosen untuk menambahkan data
Edit Dosen
Menampilkan form Dosen untuk edit data
Data Matakuliah
Tambah Matakuliah
Menampilkan form Matakuliah untuk menambahkan data
Edit Matakuliah
Menampilkan form Matakuliah untuk edit data

1.     Membuat Menu Utama
a.     Aktifkan file database Anda.
b.     Klik yang ditunjukkan tanda panah berikut:


c.      Selanjutnya akan muncul seperti berikut: 


Pada choose commands from, pilih All Commands, kemudian pilih Switchboard Manager, klik ok.
d.     Apabila pada database belum pernah membuat switchboard, maka di layar akan muncul kotak dialog seberti gambar berikut:


e.      Klik Yes untuk melanjutkan.
f.       Kemudian, akan muncul kotak dialig Switchboard Manager seperti gambar berikut:


g.     Klik tombol Edit, untuk mengganti nama switchboard. Anda akan menjumpai tampilan seperti gambar berikut ini:


h.     Ganti nama Main Switchboard dengan Menu Utama.


i.       Klik tombol Close untuk menutup Edit Switchboard Page. Anda akan kembali menjumpai kotak dialog Switchboard Manager seperti terlihat pada gambar berikut ini:


j.       Klik New, untuk menambahkan daftar untuk menu utama. Akan tampil kotak dialog seperti berikut:


k.     Ganti New Switchboard Page Name dengan Data Dosen, lalu klik tombol OK. Akan terlihat hasil seperti gambar berikut:



l.       Dengan cara yang sama, buatlan switchboard daftar menu utama yang lainnya yaitu Data Mahasiswa danData Matakuliah.



Hasilnya seperti gambar berikut:


2.     Menentukan isi Switchboard Menu Utama.
a.     Klik pada Menu Utama dan klik Edit akan muncul kotak dialog Edit Switchboard Page.


b.     Klik tombol New, akan muncul kotak dialog Edit Switchboard Item.

c.      Isikan sesuai gambar berikut:


d.     Klik tombol OK. Hasilnya terlihat seperti gambar berikut:


e.      Dengan cara yang sama, tambahkan item untuk switchboard matakuliah dan mahasiswa. 



Dan hasilnya seperti berikut:


f.       Klik tombol Close untuk menutup jendela Edit Switchboard Page.

3.     Membuat sub menu dari masing-masing menu utama.
a.     Aktifkan kotak dialog Switchboard Manager.
b.     Klik Menu Data Dosen untuk membuat sub menu dari Data Dosen.
c.      Klik tombol Edit.


d.     Dengan cara serupa, tambahkan item-item berikut pada switchboard Dosen.
Text:
Command:
Form:
&Tambah Data
Open Form in Add Mode
Form Dosen
&Edit Data
Open Form in Edit Mode
Form Dosen
&Kembali ke Menu Utama
Go to Switchboard
Menu Utama




e.      Hasilnya seperti terlihat pada gambar berikut:


f.       Klik tombol Close untuk menutup Edit Switchboard Page.
g.     Lakukan hal serupa untuk menambahkan item-item pada Switchboard Data Matakuliah dan Data Mahasiswa.

Data matakuliah:




Data Mahasiswa:




sehingga untuk masing-masing switchboardnya akan terlihat hasil seperti gambar berikut:



h.     Klik tombol Close untuk menutup Switchboard.

4.     Menjalankan Switchboard
Untuk menguji switchboard yang telah dibuat, Anda dapat menjalankan form biasa.
a.     Aktifkan file database
b.     Klik ganda pada file name Switchboard yang terletak di bagian kiri lembar kerja MS. Access 2007.


c.      Klik pada menu-menu yang tersedia, misalkan data dosen.


d.     Maka akan tampil seperti berikut: Klik tambah data.


e.      Selanjutnya akan tampil seperti berikut: Klik keluar.

f. Maka akan kembali ke Data Dosen, kemudian klik kembali ke menu utama.


g. Maka kembali ke Menu Utama

E.   Evaluasi dan Penugasan
1.     Lengkapilah System Menu untuk kebutuhan Basis Data Akademik Anda sesuai dengan kebutuhan berikut:

Menu
Sub Menu

Entri Data Master
Mahasiswa
Mata Kuliah
Dosen
Entri Data Transaksi
Jadwal
Nilai

Laporan
Mahasiswa Terdaftar
Daftar Mata Kuliah
Daftar Staf
Jadwal Mengajar
Keluar


a.     Pada menu utama tambahkan menu entri data  master, entri data transaksi, laporan dan keluar.




b.     Sehingga hasilnya seperti berikut:


c.      Selanjutnya tambahkan sub menu pada menu Entri Data Master, Entri Data Transaksi dan Laporan dengan cara klik edit pada masing-masing menu.
Entri Data Master





Hasilnya seperti berikut:



Entri Data Transaksi




Hasilnya seperti berikut:


Laporan





Hasilnya seperti berikut:


d.     Jalankan Switchboard, klik menu yang tersedia, misalnya pada Menu Entri Data Master.


e.      Maka akan tampil seperti berikut: Klik Mahasiswa.


f.       Selanjutnya akan tampil seperti berikut: Klik Keluar.


g.     Maka akan kembali ke Entri Data Master, klik kembali ke Menu Utama.


h.     Maka akan kembali ke Menu Utama, klik Keluar.



F.    Kesimpulan
Untuk membuat Switchboard maka kita harus membuat  dulu sampai  selesai  seluruh  tabel,  query,  form  dan report  untuk  diperlukan  oleh  aplikasi database kita.

No comments: