loading...

Wednesday 22 March 2017

Laporan Praktikum PBD 5

Report
A.    Tujuan Praktikum
1.      Mampu mengenal dan memahami Report pada basis data.
2.      Mampu membuat Report.

B.     Teori Singkat
            Report adalah system pengolahan  data yang didesain untuk dicetak. Untuk itu, MS-Access  menyediakan laporan data dalam bentuk Print Preview.

C.    Langkah Kerja
Membuat Laporan dengan Tombol Report
Langkah-Langkah:
1.      Pilih nama table atau query sebagai sumber  data Report, misalnya Tabel Dosen.
2.      Klik tab Create>Report.
3.      Ssehingga akan  tampil hasil laporan seperti pada gambar dibawah  ini.


4.      Untuk mendesain tampilan report, klik tab Home, pilih menu ViewDesign View.

5.      Sehingga tampil tampilan seperti gambar berikut:


6.      Lakukan pengeditan tata letak, jenis huruf, ukuran warna dan sebagainya menurut keinginan Anda. Setelah selesai, klik tombol Save, kemudian kembali klik tab Home>View>Report View.


7.      Setelah dilakukan pengeditan, tampilan akan berubah dari tampilan awal:


Membuat Report  melalui Report Design
Design Report  digunakan  untuk mendesain tampilan report yang lebih fleksibel karena tidak menggunakan tema apapun, semua pengaturan berasal dari si pembuat basisdata. Membuat report melalui menu Report Desain, sebenarnya hampir sama jika kita ingin membuat Report menggunakan menu Blank Report. Bedanya adalah ketika kita pertama kali mengklik menu tersebut, jika yang diklik adalah Report Design, maka kita langsung akan diarahkan ke tampilan Report Design, sedangkan jika diklik Blank Report, maka yang akan muncul pertama adalah tampilan Report View yang isinya masih kosong.
     Gambar1. Tampilan jika memilih Report Design

Gambar2. Tampilan jika memilih Blank Report

Langkah- Langkah:
1.      Klik Tabel atau query yang akan menjadi acuan pembuatan  data Report.
2.      Klik  menu Create>Report Design. sehingga  tampil hasil laporan  seperti  gambar  dibawah  ini.


3.      Pada bagian “Page Header”,  tuliskan judl report, misalnya: “Laporan Jadwal Perkuliahan”, dengan cara pilih menu “Label” pada tab Design.

4.      Klik pada bagian Page Header, sehingga akan aktif kursor untuk menuliskan tulisan.


5.      Atur tulisan sesuai kebutuhan, sehingga tampilan judulnya menjadi seperti berikut:


6.      Setelah pekerjaan di Page Header selesai, selanjutnya adalah mendesain tampilan untuk bagian “Detail” yang isinya merupakan isi tabel atau query yang kita tentukan.
7.      Untuk menampilkan isi tabel Jadwal di Report, klik menu “Add Existing Field”.


8.      Sehingga akan muncul menu “Field List” pada bagian kanan MS. Access.

9.      Pilih Field data yang akan ditampilkan dengan cara Double Klik pada Filed yang diinginkan tersebut. Sehingga filt tersebut akan berpindah ke bagian Detail Report Design.


10.  Selanjutnya lihat tampilan report dengan cara klik tab Home>View>Design View.


Membuat Report Melalui Report Wizard
Report Wizarddigunakan untuk membuat laporan melalui  tuntunan,  sehingga Anda dapat mengatur  danmenentukan  sendiri  laporan yang Anda buat.
Langkah-langkah:
1.      Aktif pada  jendela database.
2.      Klik  tab Home>Create>Report Wizard, sehingga  tampil kotak dialog Report Wizard.


3.      Untuk  tahap pertama, tentukan sumber data pembentuk laporan dan pilih  field-field  yang ingin Anda masukkan  ke dalam  laporan dengan menggunakan tombol >>, klik tombol Next.


4.      Selanjutnya, Anda diminta untuk menentukan  field yang akan menjadi kunci pengelompokan  laporan. Karena kita akan membuat laporan jadwal, jadi sebaiknya gunakan kuncu pengelompokan field “Hari”, klik pada field Hari, klik tombol “>”.
 5.      Sehingga akan tampil tampilan berikut, klik next.


6.      Setelah menentukan  field sebagai kunci pengelompokan, tahap selanjutnya  akan  tampil pengaturan  urutan data di dalam laporan. Tentukan  field kunci  untuk mengurutkandan  tipe urutan  data.


7.      Tahap berikutnya, Anda diminta untuk memilih  layout, desain  report, serta orientasi  pencetakan  laporan misalnyapilihan Landscape. Klik tombol Next.


8.        Langkah  terakhir,  beri nama laporan  dan akhiri  dengan kliktombol Finish.


Membuat Label MelaluiWizard
Langkah-langkah:
1.   Pilih nama  tabel atau query yang akan digunakan  sebagai sumber pembentukan data  label, kemudian  klik gandauntuk membuka data  tabel/query.
2.   Klik tab Create>Labels, sehingga  akan tampil kotak  dialog  Label Wizard,  seperti  pada gambarberikut.

3.   Tentukan ukuran  label pada kotak What label size would you like? dan pilih  juga satuan ukuran pada  bagian Unit ofMeasure  dengan pilihan  sebagai berikut.
·         English  = digunakan untuk  satuan ukuran  inchi.
·         Metric  = digunakan untuk  satuan  centimeter.
4.        Selain  itu, tentukan  pula tipe dari label yang  terletak  pada Label Type.
·         Sfeet Feed, digunakan  apabila Anda  ingin mencetaklabel pada-kertas  yang  tidak bersambung.
·         Continous,  digunakan apabila Anda  ingin mencetaklabel pada  kertas  yang bersambung.
Atau, gunakan bagian Filter by manufacturer  untukmenampilkan ukuran rabel  tertentu berdasarkan  kriteriayang Anda masukkan.
5.      Klik tombol Next untuk melanjutkan proses pembuatan label,  sehingga  tampil perintah  berikutnya  untuk pengaturan jenis dan warna  huruf. Gunakan  menu font name, Font Size, Font Weight, dan Text Color untuk mengatui  jenisserta warna huruf. Klik tombol Next

6.      Tentukan  susunan label Anda dengan cara memasukkan nama-nama  field dari kolom prototype label. Setelah  itu,klik tombol Next untuk melanjutkan  proses.


7.      Selanjutnya,  pilih salah  satu  field sebagai acuan urutandata  label dan klik tombol Next kembali.


Pada kotak wizard terakhir,  tentukan nama  label dan pilih salah satu pernyataan  berikut:
·      See the lables as they wiil look printed  untukmenampilkan  label pada  kondisi  print preview.
·      Modify  the  label design untuk menampilkan  lembarkerja Design dari Label Wizard sebelum melihat  hasil dari  report  tersebut.

D.    EVALUASI DAN PENUGASAN
1.      Buka kembali file database DbAkademik. Buat  laporan dengan menggunakan menu report untuk setiap tabel yang ada, yaitu: Tabel Mahasiswa, Tabel Dosen, Tabel Jadwal, Tabel Matakuliah, Tabel Nilai. 

Tabel Mahasiswa

Tabel Dosen

Tabel Jadwal

Tabel Matakuliah

Tabel Nilai 


 
2.      Buat  laporan menggunakan Report Wizard  dengan  ketentuan sebagai berikut:
·         Sumber  data                     : Tabel Dosen
·         Field                                  : semua  field
·         Kelompok  berdasarkan    : field spesialisasi
·         Pengurutan  data               : field Nama
·         Layout                               : Block
·         Orientation                        : Landscape
·         Title                                   : Laporan Dosen


3.      Pada  file database  yang aktif,buatlah  Label Wizard dengan ketentuan  sebagai berikut: 
·         Product Number               : 3612
·         Unit of Measure                : English
·         Label Type                        : Sheet  feed
·         Filter By Manufacture      : Avery
·         Font Name                                    : Colonna  MT
·         Size                                   : 10
·         Font Weight                      : Bold, Italic
·         Text Color                         : Blue
·         Prototype  Label
·         Pengurutan  data               : Field Nama
·         Nama  label                       : Label Dosen

 

D. Kesimpulan
       Report adalah system pengolahan  data yang didesain untuk dicetak. Untuk itu, MS-Access  menyediakan laporan data dalam bentuk Print Preview. Membuat database menggunakan report, membuat tampilan database kita menjadi lebih menarik. Kita dapat berkreasimenggunakan report ini.

No comments: