Report
A. Tujuan Praktikum
1. Mampu mengenal dan memahami Report pada basis data.
2. Mampu membuat Report.
B. Teori Singkat
Report adalah system pengolahan data yang didesain untuk dicetak. Untuk itu, MS-Access menyediakan laporan data dalam bentuk Print Preview.
C. Langkah Kerja
Membuat Laporan dengan Tombol Report
Langkah-Langkah:
2. Klik tab Create>Report.
3. Ssehingga akan tampil hasil laporan seperti pada gambar dibawah ini.
4. Untuk mendesain tampilan report, klik tab Home, pilih menu View> Design View.
5. Sehingga tampil tampilan seperti gambar berikut:
6. Lakukan pengeditan tata letak, jenis huruf, ukuran warna dan sebagainya menurut keinginan Anda. Setelah selesai, klik tombol Save, kemudian kembali klik tab Home>View>Report View.
7. Setelah dilakukan pengeditan, tampilan akan berubah dari tampilan awal:
Membuat Report melalui Report Design
Design Report digunakan untuk mendesain tampilan report yang lebih fleksibel karena tidak menggunakan tema apapun, semua pengaturan berasal dari si pembuat basisdata. Membuat report melalui menu Report Desain, sebenarnya hampir sama jika kita ingin membuat Report menggunakan menu Blank Report. Bedanya adalah ketika kita pertama kali mengklik menu tersebut, jika yang diklik adalah Report Design, maka kita langsung akan diarahkan ke tampilan Report Design, sedangkan jika diklik Blank Report, maka yang akan muncul pertama adalah tampilan Report View yang isinya masih kosong.
Gambar1. Tampilan jika memilih Report Design
Gambar2. Tampilan jika memilih Blank Report
Langkah- Langkah:
1. Klik Tabel atau query yang akan menjadi acuan pembuatan data Report.
2. Klik menu Create>Report Design. sehingga tampil hasil laporan seperti gambar dibawah ini.
3. Pada bagian “Page Header”, tuliskan judl report, misalnya: “Laporan Jadwal Perkuliahan”, dengan cara pilih menu “Label” pada tab Design.
6. Setelah pekerjaan di Page Header selesai, selanjutnya adalah mendesain tampilan untuk bagian “Detail” yang isinya merupakan isi tabel atau query yang kita tentukan.
9. Pilih Field data yang akan ditampilkan dengan cara Double Klik pada Filed yang diinginkan tersebut. Sehingga filt tersebut akan berpindah ke bagian Detail Report Design.
Membuat Report Melalui Report Wizard
Report Wizarddigunakan untuk membuat laporan melalui tuntunan, sehingga Anda dapat mengatur danmenentukan sendiri laporan yang Anda buat.
Langkah-langkah:
1. Aktif pada jendela database.
3. Untuk tahap pertama, tentukan sumber data pembentuk laporan dan pilih field-field yang ingin Anda masukkan ke dalam laporan dengan menggunakan tombol >>, klik tombol Next.
4. Selanjutnya, Anda diminta untuk menentukan field yang akan menjadi kunci pengelompokan laporan. Karena kita akan membuat laporan jadwal, jadi sebaiknya gunakan kuncu pengelompokan field “Hari”, klik pada field Hari, klik tombol “>”.
5. Sehingga akan tampil tampilan berikut, klik next.
6. Setelah menentukan field sebagai kunci pengelompokan, tahap selanjutnya akan tampil pengaturan urutan data di dalam laporan. Tentukan field kunci untuk mengurutkandan tipe urutan data.
7. Tahap berikutnya, Anda diminta untuk memilih layout, desain report, serta orientasi pencetakan laporan misalnyapilihan Landscape. Klik tombol Next.
8. Langkah terakhir, beri nama laporan dan akhiri dengan kliktombol Finish.
Membuat Label MelaluiWizard
Langkah-langkah:
1. Pilih nama tabel atau query yang akan digunakan sebagai sumber pembentukan data label, kemudian klik gandauntuk membuka data tabel/query.
2. Klik tab Create>Labels, sehingga akan tampil kotak dialog Label Wizard, seperti pada gambarberikut.
3. Tentukan ukuran label pada kotak What label size would you like? dan pilih juga satuan ukuran pada bagian Unit ofMeasure dengan pilihan sebagai berikut.
· English = digunakan untuk satuan ukuran inchi.
· Metric = digunakan untuk satuan centimeter.
4. Selain itu, tentukan pula tipe dari label yang terletak pada Label Type.
· Sfeet Feed, digunakan apabila Anda ingin mencetaklabel pada-kertas yang tidak bersambung.
· Continous, digunakan apabila Anda ingin mencetaklabel pada kertas yang bersambung.
Atau, gunakan bagian Filter by manufacturer untukmenampilkan ukuran rabel tertentu berdasarkan kriteriayang Anda masukkan.
5. Klik tombol Next untuk melanjutkan proses pembuatan label, sehingga tampil perintah berikutnya untuk pengaturan jenis dan warna huruf. Gunakan menu font name, Font Size, Font Weight, dan Text Color untuk mengatui jenisserta warna huruf. Klik tombol Next
6. Tentukan susunan label Anda dengan cara memasukkan nama-nama field dari kolom prototype label. Setelah itu,klik tombol Next untuk melanjutkan proses.
7. Selanjutnya, pilih salah satu field sebagai acuan urutandata label dan klik tombol Next kembali.
Pada kotak wizard terakhir, tentukan nama label dan pilih salah satu pernyataan berikut:
· See the lables as they wiil look printed untukmenampilkan label pada kondisi print preview.
· Modify the label design untuk menampilkan lembarkerja Design dari Label Wizard sebelum melihat hasil dari report tersebut.
D. EVALUASI DAN PENUGASAN
1. Buka kembali file database DbAkademik. Buat laporan dengan menggunakan menu report untuk setiap tabel yang ada, yaitu: Tabel Mahasiswa, Tabel Dosen, Tabel Jadwal, Tabel Matakuliah, Tabel Nilai.
2. Buat laporan menggunakan Report Wizard dengan ketentuan sebagai berikut:
· Sumber data : Tabel Dosen
· Field : semua field
· Kelompok berdasarkan : field spesialisasi
· Pengurutan data : field Nama
· Layout : Block
· Orientation : Landscape
3. Pada file database yang aktif,buatlah Label Wizard dengan ketentuan sebagai berikut:
· Product Number : 3612
· Unit of Measure : English
· Label Type : Sheet feed
· Filter By Manufacture : Avery
· Font Name : Colonna MT
· Size : 10
· Font Weight : Bold, Italic
· Text Color : Blue
· Prototype Label
· Pengurutan data : Field Nama
· Nama label : Label Dosen
No comments:
Post a Comment