loading...

Thursday 4 May 2017

Laporan PBO 10

LAPORAN  PRATIKUM
PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
 
 
Dosen : SRI NOFRI WIHANDARI,S.pd.,M,kom
 
Di Susun Oleh :
IZSAL QURLINAS AFANDI
16214027
 
AKADEMI KOMUNITAS NEGERI PADANG PARIAMAN
UNIVERSITAS  NEGERI  PADANG
TEKNIK ELEKTRONIKA
2017
 
 
A. Teori Singkat
1.      Konstruktor
è Fungsi khusus yang namanya sama dengan nama class.
è Digunakan untuk inisialisasi.
è Dipanggil otomatis pertama kali saat instansiasi objek.
è Tidak mengembalikan nilai.
è Konstruktor dapat dioverloading.
2.      Destruktor
è Fungsi khusus yang namanya sama dengan nama class tetapi diawali dengan simbol ‘~’
è Digunakan untuk membebaskan memori.
è Dipanggil secara otomatis pada saat objek dihancurkan.
è Tidak mengembalikan nilai.
è Tidak berparameter.
è Tidak dapat dioverloading.
è Destruktor hanya terlihat jika instansiasi objeknya menggunakan alokasi memori dinamis.
è Java mempunyai fasilitas GARBAGE COLLECTION sehingga tidak perlu untuk membuat destruktor secara eksplisit.
3.      Overriding
è Adalah suatu cara untuk mendefinisikan ulang method yang ada pada class induk apabila class anak menginginkan adanya informasi yang lain. Overriding dilakukan dengan cara menulis ulang method yang ada pada class induk dengan syarat bahwa namadan parameter fungsi tersebut harus sama (tidak boleh diubah). Meskipun fungsi telah ditulis ulang oleh class anak, fungsi yang asli pada class induk masih dapat dipanggil di class anak dengan menggunakan class super.
4.      Overloading
è Adalah penulisan beberapa fungsi (dua atau lebih) yang memiliki nama yang sama. Pada bahasan overloading dikenal istilah signature. Signature adalah sebuah fungsi parameter lengkap dengan tipe datanya yang terdapat dalam fungsi tersebut. Misalnya terdapat sebuah fungsi berikut:
public int jumlahMahasiswa (int laki2, int perempuan, String kelas);
maka signature dari fungsi tersebut adalah(int, int, String).
è Suatu fungsi dikatakan di-overload jika terdapat beberapa fungsi dengan nama yang sama namun memiliki signature yang berbeda-beda, sebagai contoh:
public void infoMahasiswa (int laki2, int perempuan, String kelas)
{
...
}
public void infoMahasiswa (int mhsLama, int mhsBaru, int mhsCuti, int angkatan)
{
...
}
B.    Langkah Kerja
 
  • Contoh Konstruktor:
1.      Buatlah project baru dengan nama Konstruktor.
2.      Sesuaikan source code di file Konstruktor.java dengan gambar berikut:


3.      Jalankan file Konstruktor..java, maka akan muncul keluaran seperti gambar berikut ini:
 

 
  • Contoh Overriding:
1.      Buatlah project baru dengan nama Dosen_uli_v2.
2.      Sesuaikan source code di file Dosen_uli_v2.java dengan gambar berikut:
 

3.      Selanjutnya membuat super class dengan cara klik kanan di package dosen_uli_v2, pilih New à java class
4.      Berikan nama class baru tersebut dengan nama “dosen”, sesuaikan source code nya dengan gambar di bawah ini:
 

5.      Buat class baru masih di package yang sama dengan nama “rektor”. Sesuaikan source codenya dengan gambar berikut:
 

6.      Buat class baru masih di package yang sama dengan nama "dekan". Sesuaikan source codenya dengan gambar berikut:
 

7.      Buat class baru masih di package yang sama dengan nama "kalab". Sesuaikan source codenya dengan gambar berikut:
 
 
8.      Jalankan file Dosen_uli_v1.java, maka akan muncul keluaran seperti gambar berikut ini:
 

  • Contoh Overloading:
1.      Buatlah project baru dengan nama informasimhs.
2.      Sesuaikan source code di file Informasimhs.java dengan gambar berikut:
 

3.      Buat file baru di package yang sama dengan mana "mahasiswa", sesuaikan codenya seperti yang terlihat pada gambar berikut:
 

4.      Jalankan file Informasimhs.java, maka akan muncul keluaran seperti gambar berikut ini:
 
 
 
Sekian Terimakasih....

No comments: