Enkapsulasi
A. Tujuan Praktikum
1.
Mampu memahami konsep enkapsulasi dan information hiding.
2. Mampu membuat program yang menggunakan
enkapsulasi dan information hiding.
B. Alat dan Bahan Praktikum
1.
Personal Computer
2.
Aplikasi NetBeans
C. Teori Singkat
- Encapsulation adalah menyembunyikan attribute suatu objek dari objek lain.
- Attribute maupun method disembunyikan dengan cara memberikan modifier private.
- Enkapsulasi adalah suatu cara untuk menyembunyikan informasi detail dari suatu class. Dua hal yang mendasar dalam enkapsulasi yakni :
- Information
hiding.
- Interface to access data.
- Information Hiding adalah menyembunyikan attribute dan method suatu objek dari objek lain.
- Sebelumnya kita dapat mengakses anggota class baik berupa atribut maupun method secara langsung dengan menggunakan objek yang telah kita buat. Hal ini dikarenakan akses kontrol yang diberikan kepada atribut maupun method yang ada di dalam class tersebut adalah 'public'. Kita dapat menyembunyikan informasi dari suatu class sehingga anggota class tersebut tidak dapat diakses dari luar, caranya adalah hanya dengan memberikan akses kontrol 'private' ketika mendeklarasikan atribut atau method. Proses ini disebut dengan information hiding.
D. Langkah Kerja
Percobaan 1:
Berikut
ini kita akan membuat program yang fungsinya untuk menampilkan panjang dan
lebar persegi panjang serta mencari luasnya dengan menggunakan konsep
enkapsulasi. Project ini akan terdiri dari 2 file, yaitu file MainPersegiPanjang.java dan PersegiPanjang.java.
Untuk
membuat program tersebut, ikuti langkah berikut ini:
1.
Buka program aplikasi NetBeans. Klik New Project > Java > Java Application
2.
Buat Project baru dengan nama MainPersegiPanjang. Klik finish.
3.
Pada file MainPersegiPanjang.java
4.
Sesuaikan listing programnya seperti
yang terlihat pada gambar berikut:
5.
Jika masih terdapat tanda kesalahan pada
listing program, untuk sementara biarkan
saja karena kita belum membuat kelas PersegiPanjang.
6.
Untuk membuat file baru yang bernama PersegiPanjang.java, maka lakukan
langkah berikut:
a.
Klik kanan pada package mainpersegipanjang > New > Java
Class.
b.
Ganti nama file dengan “Persegi
Panjang”. Seperti yang terlihat pada gambar berikut: Klik finish.
c.
Selanjutnya sesuaikan listing programnya
seperti yang terlihat pada gambar berikut:
7.
Maka otomatis kesalahan yang ada pada
class MainPersegiPanjang akan hilang karena class PersegiPanjang telah selesai
dibuat.
8.
Jalankan project MainPersegiPanjang dengan cara Klik Run,
sehingga hasilnya sebagai berikut:
Percobaan 2:
Berikut
ini adalah program untuk mencari jumlah gaji bersih dengan mengetahui jumlah
gaji kotor dan jumlah potongannya dengan menggunakan konsep enkapsulasi.
Untuk
membuat program tersebut, ikuti langkah berikut ini:
1.
Buat Project dengan nama Encapsulation.
2.
Sesuaikan listing program dengan yang
terlihat pada gambar berikut:
3.
Jalankan program, maka akan tapil
tampilan berikut:
E. Evaluasi dan Penugasan
1.
Buatlah program untuk mencari jumlah
harga yang harus dibayar jika diketahui:
-
Barang yang dibeli sebanyak 2 jenis
dengan ketentuan sebagai berikut:
·
Barang pertama harganya 8.000.000,00
·
Barang kedua 2.500.000,00
·
Pembeli memperoleh diskon 10% karena
belanja di atas 10.000.000,00
-
Program ini dapat dikerjakan dengan
menggunakan program di percobaan kedua.
a. Buat Project baru dengan nama HargaBayar. Klik finish.
b. Sesuaikan listing programnya seperti
yang terlihat pada gambar berikut:
c. Jalankan program, maka akan tapil
tampilan berikut:
F.
Kesimpulan
Encapsulation
adalah menyembunyikan attribute suatu objek dari objek lain.Untuk menyembunyikan objek tersebut maka dilakukan dengan cara
memberikan modifier private.
No comments:
Post a Comment