loading...

Wednesday 12 April 2017

Laporan Pratikum PBO 8

Enkapsulasi
A.   Tujuan Praktikum
1.     Mampu memahami konsep enkapsulasi dan information hiding.
2.  Mampu membuat program yang menggunakan enkapsulasi dan information hiding.
B.   Alat dan Bahan Praktikum
1.     Personal Computer
2.     Aplikasi NetBeans
C.   Teori Singkat

  •   Encapsulation adalah menyembunyikan attribute suatu objek dari objek lain.
  •   Attribute maupun method disembunyikan dengan cara memberikan modifier private.
  •   Enkapsulasi adalah suatu cara untuk menyembunyikan informasi detail dari suatu class. Dua hal yang mendasar dalam enkapsulasi yakni :
-  Information hiding.
- Interface to access data.

  •   Information Hiding adalah menyembunyikan attribute dan method suatu objek dari objek lain.
  •   Sebelumnya kita dapat mengakses anggota class baik berupa atribut maupun method secara langsung dengan menggunakan objek yang telah kita buat. Hal ini dikarenakan akses kontrol yang diberikan kepada atribut maupun method yang ada di dalam class tersebut adalah 'public'. Kita dapat menyembunyikan informasi dari suatu class sehingga anggota class tersebut tidak dapat diakses dari luar, caranya adalah hanya dengan memberikan akses kontrol 'private' ketika mendeklarasikan atribut atau method. Proses ini disebut dengan information hiding.
D.   Langkah Kerja
Percobaan 1:
Berikut ini kita akan membuat program yang  fungsinya untuk menampilkan panjang dan lebar persegi panjang serta mencari luasnya dengan menggunakan konsep enkapsulasi. Project ini akan terdiri dari 2 file, yaitu file MainPersegiPanjang.java dan PersegiPanjang.java.
Untuk membuat program tersebut, ikuti langkah berikut ini:
1.     Buka program aplikasi NetBeans. Klik New Project > Java > Java Application


2.     Buat Project baru dengan nama MainPersegiPanjang. Klik finish.
3.     Pada file MainPersegiPanjang.java
4.     Sesuaikan listing programnya seperti yang terlihat pada gambar berikut:
5.     Jika masih terdapat tanda kesalahan pada listing program, untuk  sementara biarkan saja karena kita belum membuat kelas PersegiPanjang.
6.     Untuk membuat file baru yang bernama PersegiPanjang.java, maka lakukan langkah berikut:
a.     Klik kanan pada package mainpersegipanjang > New > Java Class.
b.     Ganti nama file dengan “Persegi Panjang”. Seperti yang terlihat pada gambar berikut: Klik finish.

c.      Selanjutnya sesuaikan listing programnya seperti yang terlihat pada gambar berikut:


7.     Maka otomatis kesalahan yang ada pada class MainPersegiPanjang akan hilang karena class PersegiPanjang telah selesai dibuat.
8.     Jalankan project MainPersegiPanjang dengan cara Klik Run, sehingga hasilnya sebagai berikut:


Percobaan 2:
Berikut ini adalah program untuk mencari jumlah gaji bersih dengan mengetahui jumlah gaji kotor dan jumlah potongannya dengan menggunakan konsep enkapsulasi.
Untuk membuat program tersebut, ikuti langkah berikut ini:
1.     Buat Project dengan nama Encapsulation.
2.     Sesuaikan listing program dengan yang terlihat pada gambar berikut:



3.     Jalankan program, maka akan tapil tampilan berikut:


E.   Evaluasi dan Penugasan
1.     Buatlah program untuk mencari jumlah harga yang harus dibayar jika diketahui:
-         Barang yang dibeli sebanyak 2 jenis dengan ketentuan sebagai berikut:
·        Barang pertama harganya 8.000.000,00
·        Barang kedua 2.500.000,00
·        Pembeli memperoleh diskon 10% karena belanja di atas 10.000.000,00
-         Program ini dapat dikerjakan dengan menggunakan program di percobaan kedua.
a.  Buat Project baru dengan nama HargaBayar. Klik finish.
b. Sesuaikan listing programnya seperti yang terlihat pada gambar berikut:
c. Jalankan program, maka akan tapil tampilan berikut: 
 
F.    Kesimpulan
 Encapsulation adalah menyembunyikan attribute suatu objek dari objek lain.Untuk menyembunyikan objek tersebut maka dilakukan dengan cara memberikan modifier private.

No comments: